Site icon Widi Utami

5 Jalan Penghasilan Blogger Pemula 2022

Jalan Penghasilan Blogger Pemula

Jalan Penghasilan Blogger Pemula

Menjadi blogger selain sebagai tempat untuk mengutarakan isi pikiran, juga bisa digunakan sebagai tempat untuk mencari penghasilan. Penghasilan blogger tidak hanya dari Google Adsense, jalan penghasilan blogger pemula 2022 cukup banyak peluangnya. Apalagi sekarang perusahaan-perusahaan mulai aware tentang branding dan optimasi di internet.

Apa saja sih jalan penghasilan blogger? Apakah blogger pemula bisa mendapatkan penghasilan sebagaimana blogger mastah? Ssst, semua mastah pernah menjadi nyubi. It’s not about newbie and master, it’s about consistency and never ending learning. Dunia blogging sangat cepat upgrade-nya, apalagi Google hobi banget melakukan update algoritma.

Contents

5 Jalan Penghasilan Blogger Pemula 2022

Delapan tahun menjalani lika-liku blogger, dari blogger yang hanya curhat, blogger cupu sampai sekarang mulai belajar sedikit-sedikit, jalan penghasilan blogger berkembang dan beragam. Jalan penghasilan blogger yang kutulis ini merupakan jalan penghasilan blogger yang sudah kulakoni.

Pasang Iklan di Blog, Enggak cuma Google Adsense, lho!

Pasang iklan di blog enggak cuma di Google Adsense. Pasang iklan ini memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan dari pihak ketiga yang memasang iklan di blog kita. Umumnya kita disuruh menyisipkan code tertentu yang akan menampilkan iklan pihak ketiga di dalam blog kita.

Enggak cuma Google Adsense yang menyediakan iklan di blog, ada AdAsia, Adsterra, dll. Selama ini banyak penawaran pemasangan iklan di blog yang masuk dengan beragam kesepakatan. Dari yang dihitung berdasarkan iklan yang tampil, hingga yang berdasarkan klik iklan oleh pengunjung. Namun, selama 8 tahun menjalani blogging, Google Adsense merupakan penyedia iklan yang paling recomended.

Enggak perlu menunggu menjadi mastah untuk memasang Google Adsense, blogger pemula juga bisa memasangnya meski akan butuh waktu untuk pay out. Namun, aku sarankan untuk segera pasang karena kita akan belajar perlahan-lahan bagaimana memasang iklan yang efisien dan menaikkan trafik organik ke blog. Untuk payout sebulan sekali sebesar 1.3 juta, paling tidak trafik blog kita ada di kisaran 1000-5000 perhari, tergantung dari niche blog kita. Denger-denger sih yang paling gedhe CPC-nya adalah niche perbankan. Aku lagi mengejar 10 juta perbulan, enggak tahu prosesnya butuh berapa lama. Tolong diaminkan, Gengs~

Affiliate- Jalan Penghasilan Blogger Pemula

Affiliasi, Promosi Produk Marketplace dapat Duwit

Mempromosikan produk marketplace dengan affiliasi sedang santer di Instagram, twitter dan medsos lainnya. Kita akan mendapatkan uang dari klik link produk yang kita share. Produk yang dipromososikan enggak mengacu brand tertentu, jadi bebas saja mau mempromosikan produk yang mana.

Salah satu affiliasi yang bisa kita ikuti adalah Tokopedia. Enggak ribet, kok. Kita bisa mengikuti panduan affiliate Tokopedia untuk ikut mempromosikan produk Tokopedia di blog. Gimana caranya agar ada klik di link affiliasi yang kita cantumkan di blog? Cari produk yang dibutuhkan oleh pengunjung dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Content Placement, Guest Posting dan Review

Sebuah brand membutuhkan backlink sebagai salah satu cara untuk membangun SEO off page. Brand lain membutuhkan review untuk membangun tingkat kepercayaan di mesin pencari. Di sinilah peluang blogger terbuka lebar. Brand akan membayar blog untuk menempatkan artikel dengan anchor text dan backlink tertarget.

Content Placement dan Guest Posting merupakan penempatan sebuah artikel di blog, artikel tersebut sudah mengandung anchor text dan backlink. Sementara, review merupakan permintaan dari brand untuk mengulas sebuah produk dengan brief tertentu.

Umumnya klien membutuhkan blog yang aktif dengan authority yang tinggi. Bahkan beberapa klien mematok syarat trafik tertentu untuk penempatan cotent placement, Guest posting dan review mereka. Enggak perlu khawatir, meski masih pemula, kita bisa meningkatkan kualitas blog dengan update rutin, memperbaiki tampilan blog dan membangun link building dari situs-situs yang menyediakan inserting link.

Tarif content placement, Guest Post dan Review berbeda-beda. Tergantung budget brand, kualitas blog, bahkan beberapa menambahkan fllower medsos sebagai pertimbangan penentuan rate content placement, guest post dan reviewnya.

Lomba Blog, Jalur Cepat Dapat Cuan

Lomba blog merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu karena lomba blog merupakan salah satu jalur yang terhitung cepat untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak. Namun, saingan lomba blog juga tak kalah banyak. HAHAHA

Lomba blog hadiahnya enggak main-main, beberapa kali lomba blog berhadiah I-phone, motor bahkan mobil. Lomba blog enggak memandang apakah kamu mastah atau newbie, tetapi ia memandang seberapa bagus dan berkualitas tulisan, infografis dan lain-lainnya sesuai dengan S dan K lomba blog.

Reseller tanpa Nyetok, Reseller-an Jalur Blog

Menjadi blogger membuat kita mempunyai nilai plus karena mempunyai satu alat tambahan untuk marketing. Orang tidak hanya mencari di marketplace saja, orang juga mencari di internet untuk meyakinkan diri tentang kualitas dan keberadaan seller.

Blog bisa dimanfaatkan untuk media promosi reseller sekaligus branding membangun kepercayaan. Enggak butuh modal banyak, kok. Ada beberapa brand yang menawarkan reseller tanpa modal, jadi kita hanya perlu mempromosikannya. Salah satu brand yang memungkinkan untuk menjadi reseller tanpa modal adalah Evermos. Panduan Evermos enggak rumit. Aku yakin, blogger yang sudah terbiasa ngeblog akan mudah mengikuti step by step mendaftar reseller Evermos.

Tips Blogger Pemula, Its’ About Consistency and Upgrade

Enggak sedikit teman blogger yang kukenal menjadi blogger ‘mastah’ dalam waktu singkat. Maksudku, teman blogger ini belum lama menjadi blogger namun debutnya sudah cukup besar, kualitas blognya moncer, penghasilannya jangan ditanya. Kuncinya ada di konsisten dan tidak lelah untuk belajar. Selesai belajar SEO On Page, lanjut belajar SEO Off Page. Selesai belajar SEO, lanjut belajar riset keyword. Selesai riset keyword, lanjut belajar link building. Enggak stuck di zona nyaman.

Exit mobile version