Aku mendapatkan buku ini dari Mami Ubiii Grace Melia saat menjadi pemenang Mini Giveaway di blognya. Mami Ubii mengirimkan dua buku untuk si K, buku Mimi & Kimi Istana Balok dan Liam the Lamb.

Serunya Mengenalkan Moral Quotient Melalui Cerita

Kimi punya banyak mainan

Watik Ideo membuka cerita dengan kalimat tentang keseharian anak. Si K yang berusia 17 bulan langsung menunjuk aneka gambar mainan yang terpampang di buku, lalu membandingkan dengan mainan yang dimilikinya.

Cerita berlanjut dengan kedatangan Sisi, teman Kimi. Tetapi Kimi tidak berkenan jika Sisi meminjam balok Kimi. Pelit, ya? Hal lazim yang terjadi di dunia anak-anak. Jika orang tua tidak bisa mengambil langkah yang tepat, bisa berabe, rebutan bisa berlanjut ke lomba menangis. Heuheu

Aku mencontoh bagaimana Ibu Kimi menyikapi sisi pelit Kimi. Bukan dengan memaksa Kimi meminjamkan balok kepada Sisi, tetapi meminta Sisi mengambil balok miliknya sendiri untuk dimainkan bersama.

Ya, pada usia Batita, anak baru belajar tentang arti kepemilikan. Memaksa anak untuk memberi/ meminjamkan barang miliknya kepada temannya bukan langkah yang bijak. Anak bisa mengalami kebingungan dengan konsep kepemilikan.

Gambar dan Cerita di Buku Mimi & Kimi Istana Balok

Gambar di buku Mimi &Kimi Istana Balok didominasi dengan warna pastel yang nyaman di mata anak. Gambar di dalam buku mempunyai detail sedang, cocok untuk anak usia 3 tahun plus, tetapi masih terlalu rumit untuk anak usia 1 tahun plus.

Kalimat penyusun terdiri dari 3-4 kalimat dalam setiap halamannya, sesuai dengan konsentrasi anak usia 3 tahun plus, masih terlalu panjang untuk usia 1 -2 tahun. Si K sudah tidak sabar membalikkan halaman,  padahal Ibunya baru membaca 1 kalimat.

Untuk anak usia 1-2 tahun, kita sebagai Ibu bisa menyiasati dengan menjadikannya sebagai permainan Tebak Gambar atau Dimana Ia Bersembunyi.

Bermain Tebak Gambar

Minta anak menunjukkan gambar sesuai instruksi kita. Nggak harus banyak, 1-2 gambar pun cukup, setelah itu siap-siap kita yang ditanya anak. Hahaha

Bermain Dimana Ia Bersembunyi

Tutup buku, berikan kepada anak, lalu, minta anak mencari gambar yang ada di dalam buku.

Ayo, kucingnya sembunyi dimana, Nang?

Si K akan membolak-balikkan halaman buku, serius banget, selang setelah membolak-balikkan 5-6 halaman ia girang menemukan kucing kesayangannya. Padahal gambar kucing nyaris ada di setiap halaman. Hahaha

Fisik Buku

Buku Mimi & Kimi Istana Balok tergolong board book dengan ujung buku yang tumpul. Aman jika dipegang anak-anak. Penjilidannya pun sangat kuat. Beberapa kali dibanting si K masih aman. Beberapa kali si K mencoba untuk menyobek pun gagal.

Identitas Buku Mimi & Kimi Istana Balok

Judul: Mimi dan Kimi Istana Balok

Penerbit: Elek Media Komputindo

Penulis: Watik Ideo

Jenis Buku: Cerita Moral Quotient

Bahan Penyusun Buku: Board Book

Jumlah Halaman: 12 hlm isi + 2 hlm cover

Peruntukan Buku: 3 tahun plus atau dibawahnya dengan pendampingan

 

%d bloggers like this: