“Ayi, nih, menulis 450 kata, dibayar 35 dollar!” ujar abah K saat aku asik bermain dengan si K.

Tiga puluh lima dollar, nyaris empat ratus ribu rupiah. Alah-alahhhh, Emak mana yang nggak ijo matanya membayangkan lembaran dollar?

Mataku membelalak, “Yang benar saja, Bah? Lha wong nulis artikel bahasa Indonesia cuma dibayar limaribu, mending dipasang di blog sendiri, lah.”

“Ayoklah, sini. Lihat sendiri, ambil atau tidak?” tanyanya.

Aku pun mendekat. Meringis, antara tertantang dan getir mengingat kemampuan bahasa Inggrisku yang masih tiarap. Bukan jongkok lagi, sudah tiarap. Di laptop abah K terpampang request order dari klien, kali ini mas-mas Korea yang meminta artikel revie tentang operasi plastik. Aku angkat tangan, belum siap menulis artikel bahasa Inggris. Eike masih piyik, Cyin, mending dilempar ke sohib saja, abah K sudah mumet menangani orderan PHP dan bolokurowo-nya.

Ingin dollar jugak? Let me tell you the step you may follow to get order by fiver application. I think, my English not too bad, am I? πŸ˜›

Fiver adalah salah satu marketplace semacam ads dot id, project dot co dot id, de el el, yang menyambungkan antara buyer dan seller. Sejauh ini, fiver menjadi salah satu jujugan abah K untuk ikhtiar mengais rezeki.

Kunjungi situs fiverr dot com.

Hallah, kok aku jadi pelit backlink, sih? Hahaha, okeh, klik disini untuk mengunjungi laman fiver. Hitung-hitung berterimakasih kepada Fiver yang telah menjadi perantara rezeki keluarga kecil kami.

Jika belum mempunyai akun, klik join dan ikuti langkah selanjutnya.

Buat Gig

Gig dalam fiverr ini adalah semacam detail produk yang kita tawarkan kepada calon klien. Kalian bisa mengunjungi Gig milik orang lain untuk referensi. Tetapkan tarif dan detail produk yang ditawarkan. Tetapkan tarif dengan wajar. Please, jangan coba-coba membanting tarif seperti yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Lha, masa nulis artikel lima rebu rupiah? Ya pantes kalo copas-copas doang. Buatlah Gig dengan lengkap dan persuasif, sehingga meyakinkan klien untuk memakai jasamu. Mirip-mirip nembak yang dicinta- begitulah. πŸ˜€

Sering Jalan-jalan dan Send Offer Buyer Request untuk Berkenalan dengan Calon Klien

Sebagai langkah awal, jalan-jalanlah ke buyer request, send offer kepada buyer yang kira-kira kita mampu mampu mengerjakan requestnya. Buyer dari LN rata-rata sangat sopan. So, gunakan etika yang baik. Tunjukkan jika kita adalah bangsa yang ramah dan penuh kehangatan. Kukasih tahu satu hal, tutup ending penawaran dengan salam semangat, Cheers. Konon, salam ini akan menghipnotis klien. :p

Kerjakan Tepat Waktu

Di Fiverr terdapat request waktu oleh klien. Biasanya, jika klien meminta fast order delivery, akan ada tambahan charge untuk kita dan dalam list order, waktu akan dihitung mundur seperti timer. Segera kirim jika pekerjaan sudah selesai. Jika kita menangani beberapa order yang memiliki batas waktu yang sama, lebih baik jangan mengambil order. Sebab, jika kita terlambat dalam memenuhi permintaan klien, klien akan memberikan review yang buruk dan akan berpengaruh pada permintaan klien selanjutnya.

Gimana? Gampang, kan? Ayo gabung, siapa tahu ladang rejeki kita ada disini. Belum mahir berbahasa Inggris? Sama, kok, sama… Eike aja tiarap nih. Tetapi, masa mau menyerah begitu saja? Eike sampai sengaja privat chat dengan mbak Ria Tumimomor, pemilik blog www.riatumimomor.com yang kece badai menulis artikel bahasa Inggris. Yaaa, demi sesuap nasi, aku rela menuntut ilmu kemanapun. Hahaha.
ria-tumimor

Folloer ji ples-nya sudah 2ribuan, Cyin. Awesome!

Kata mbak Ria, menulis artikel dalam bahasa Inggris cuma ada satu cara: NULIS! Mhuahahah, yaiyalah, Mbak… Hadoh, mbak satu ini bisa saja ngelawak. Mbak Ria yang tetep energik di usia cantiknya, penggemar cokelat dan kuliner ini pun membuka tips rahasianya setelah kudesak dengan rayuan maut: your article is too comfort to read.

Rajin Baca, Rajin Nulis, JANGAN TAKUT SALAH GRAMMAR!

Hahaha, sampai capslock jebol. Aku paling horor di bagian salah grammar, memang. Apalagi jika berkaitan dengan tenses tingkat sepuluh, eh. Oke, mbak Ria, angkat aku jadi muridmu! Tipsnya cuma tiga dan bisa diringkas dalam satu kalimat. Tetapi…., ah, lagi-lagi tapi… WiDut memang pinter banget nyari alasan, yak…

Oke, mari belajar lagi. Buka-buka buku lagi. Berlatih menulis artikel bahasa Inggris, siapa tahu menjadi jalan rejeki.

 

Pencarian Terkait:

  • tempat menulis artikel bahasa inggris dan di bayar