Hello! Welcome to the my first Fun Math Blogpost! I am too excited while write this post. Ehehehe, serasa menemukan kembali dunia WiDut yang telah lama kutinggalkan. Haish, apaan cobak?

Hal yang paling menyebalkan bagiku saat kelas tiga SD adalah menghafalkan perkalian di atas lima. Berasa otak mlungker nggak karuan. Dihafalkan perkalian 1-10 membuat mood belajar njeglek. Nggak dihafalkan, ngeri membayangkan jika harus menghitung ala-ala lidi setiap ada soal perkalian. Sungguh, pengalaman pahit yang membuatku bertekad untuk menjadi guru yang memudahkan siswanya, bukan guru yang menambah berat beban di pundak siswa.

Hmm, tetapi menghafal perkalian bilangan pokok 1-9 tergolong wajib, jika tidak ingin mengalami kesulitan di step-step rumit berikutnya, perpangkatan, pembagian, perkalian bilangan rumit…. Tetapi, tenang… Untuk bilangan 6-9. kita bisa mengakali dengan menggunakan jari.

Modal Pokok dalam perkalian 6-9 adalah hafal perkalian 1-4 terlebih dahulu.

Kecil, kok, daripada harus menghafal sampai 9 cobak? :p

Kemudian,

Pahami posisi perwakilan jari. Boleh acak, tetapi agar memudahkan, sebaiknya menggunakan posisi ini:

6: Kelingking

7: Kelingking+ jarimanis

8: Kelingking+Jari Manis+Jari

9: Kelingking+Jari Manis+Jari Tengah+Jari Telunjuk

Gampangnya, kalian bisa melihat di gambar berikut ini:

jarimatika-perkalian

Posisi jari dalam jarimatika perkalian sederhana

Pedoman Operasional

Tambahkan (+) Jari yang berdiri, jadikan angka PULUHAN.

Kalikan (x) Jari yang duduk, jadikan angka SATUAN.

OPERASI PENjUMLAHAN HASIL KEDUA PROSES TERSEBUT ADALAH HASILNYA.

Contoh bisa dilihat dalam gambar berikut ini:

jarimatika-perkalian-2

Gimanaaa? Gampang kan?

Actually, operasi jarimatika perkalian sederhana ini bisa digunakan untuk adik-adik kelas 2 SD, lhoh. Bahkan adik-adik yang belum menguasai sempoa sekalipun.

Sampai jumpa pada rubrik Fun Math berikutnya. Kira-kira topik apa yang ditampilkan minggu depan? Any Idea? 🙂 Feel free to contact me di kontak yang sudah disediakan, ya. See you…